Jumat, 02 Desember 2011

TIPS DAN TRIK MEMBUAT FF YANG BAGUS DAN MENARIK UNTUK DIBACA

Hai, halo, annyeonghaseo, readers, Istri Kyuhyun kembali ke lapak ini, setelah seharian mengurus Kyu dan anak-anak *pyuuuuhh..

Tadi kebetulan aku habis berkunjung ke suatu blog, disana ada seseorang berkomentar minta diajarin bikin FF yang bagus, karena dia masih newbie di dunia per FF an, *halah bahasanya

Jadi sekarang aku mau sharing kiat-kiat membuat FF yang bagus dan menarik untuk dibaca. Disini aku bagi menjadi dua, buat yang benar-benar Newbie mau publish FF perdana, dan intermedian yang sudah pernah publish FF. Jangan lupa tinggalkan jejak ya readers,, biar blog ini semakin maju, hehehehehe.



A. NEWBIE

1. TEMA YANG MUDAH
     Karena kalian masih newbie dan sama sekali belum pernah publish FF, cari saja tema yang sederhana. Tidak usah teralu muluk - muluk membayangkan membuat FF dengan tema yang kopleks, pada dasarnya readers lebih suka cerita yang simple tapi sanggup membuat perasaan reader campur aduk. Kalau kalian sudah terbiasa membuat FF kalian boleh kok membuat dengan tema yang kompleks. Carilah tema dari lingkungan di sekitar kalian, seperti kisah hidup kalian sendiri, atau kisah hidup teman.

2. TYPE FF
    Untuk Newbie, aku sarankan membuat oneshot saja, karena one shot tidak membutuhkan adegan yang banyak, jadi kalian tidak terlalu banyak berpikir rangkaian adegannya. Semakin banyak adegannya, semakin sulit kalian merangkainya. Kalau kalian belum terbiasa membuat FF dan memaksa membuat multy-chapter takutnya nanti jalan ceritanya malah menjadi mebingungkan dan bahkan membosankan bagi readers.

3. GENRE FF
    kalian pilih saja genre yang mudah dulu dan umum, seperti romance atau comedy, karena dua genre itu tergolong mudah daripada genre yang lain.

4. CHECK FF
    Kalau kalian sudah membuat FF, jangan terburu-buru di publikasikan, biasanya para newbie langsung berhasrat mempublish FFnya dengan segudang kebanggaan, hahaha,  istirahatkan pikiran, dan check kembali FF kalian, apakah ada kata-kata yang salah. Lebih bagus lagi kalau kalian mempunyai editor pribadi, yang bisa mengkritik FF kalian sebelum publish, untuk menekan tingkat kecacatan FF kalian.

5.BAHASA
   Kalian harus konsisten dengan bahasa yang kalian pakai. Kalau di awal kalian memakai bahasa baku, maka sampai akhir kalian gunakan bahasa baku. Untuk memudahkan readers membaca juga, selain itu kalau kalian tidak konsisten, ketika publish bisa-bisa FF kalian menjadi bahan flame. Juga jangan menggunakan bahasa alay. selain itu perhatikan typo, tanda baca, penggunaan huruf besar, ini juga agar FF kalian terlihat rapi dan bagus.

6. LAPANG DADA
    Terima semua kritikan pada FF kalian, jangan langsung sakit hati bila FF kalian di kritik pedas. Jadikan motivasi untuk menjadi lebih baik. Tapi kalau kalian meraasa tidak siap menerima kritikan itu, atau kalian memang berhati sensitif, heheheh, kalian bisa menggunakan Nick yang unik, selain bisa menutup identitas, bisa juga menggemparkan dan membuat orang tertarik membaca FF mu, ya seperti aku ini hahahahah, tapi aku memakai nick ini bukan karena minder, atau hati sensitif tapi aku merasa menyembunyikan identitas itu sebagai petualangan *eaaaa dalem banget bahasanya


7.THE BEST WRITER IS THE BEST READER
   Baca baca dan baca. Kalian harus terus rajin membaca FF dari author yang lain untuk menambah pengetahuanmu.


B. INTERMEDIAN
1. TEMA UNIK
     Carilah tema yang unik biar para pembaca tertarik dengan FF kalian. Hindari tema-tema yang sudah banyak digunakan oleh author lain seperti perjodohan dimana nanti para pemeran utama jath cinta beneran (bukan berarti tema itu jelek), karena rata-rata para readers sudah bisa menebak ending ceritanya. yang perlu di ingat adalah di dalam FF semuanya bisa terjadi.

2. GENRE
    Usahakan tidak hanya membuat FF dengan satu Genre saja. Coba beberapa genre yang lain, agar pengalamanmu lebih banyak.

3.JANGAN MEMAKSA
   Jangan memaksa otak kalian untuk membuat FF. saat kalian tidak memiliki ide istirahatlah. Karena ketika kalian memaksa, hasil FF kalian juga akan kurang maksimal.

4. SELALU SIAPKAN CATATAN
    Ide datang kapan saja dan kadang di tempat tak terduga namun juga cepat menguap. Jadi ketika kalian mendapatkan ide segera catat ide tersebut sebelum lupa.
Seperti aku, kadang ide briliant datang disaat aku melamun saat kuliah dan mendengarkan ceramah dosen yang membosankan, cepat-cepat aku catat semua ide itu, jadi diktat kuliahku penuh dengan catatan FF bukan catatan kuliah, hahahahaha (bukan sesuatu yang patut untuk ditiru).

5. JUDUL
    Usahakan selalu membuat judul yang unik yang bisa menarik perhatian readers untuk membacanya.

6. BERGAUL
   Rajin bergaul dengan author lain, rajin menyambangi blog atau grup tentang FF di facebook agar eksistensi kalian selalu terjaga, dan menambah pengalaman kalian.


Itulah tips dan trik membuat FF yang baik dari aku, semoga bisa membantu. ^^

5 komentar:

  1. kamsahamida :) unnie :> daebak !

    BalasHapus
  2. Terima kasih:D, unnie bisa tolong berikan tips untuk Genre?
    Saya masih bingung menentukan Genrenya.....

    BalasHapus
  3. kangsahamida aku jadi semangat buat lanjutin ff ku

    BalasHapus